LAMBANG KECAKAPAN TAGANA



Satgas Posko adalah personel Penanggulangan Bencana dengan Pengugasan Khusus sebagai petugas Posko Penanggulangan Bencana bidang bantuan sosial yang bertugas pada saat pertama bencana terjadi.

Tugas utama dari satgas ini adalah mendirikan dan mengelola Posko Penanggulangan Bencana serta mengintegrasikan seluruh potensi ke poskoan lainnya yang terkait dengan bantuan sosial.

B. TIM REAKSI CEPAT


TRC adalah tim yang dibentuk pada saat pertama setelah bencana terjadi. Tugas utama dari TRC adalah melakukan kajian situasi, kajian kebutuhan, kajian tujukan dan kajian penanganan lanjutan serta evaluasi atas suatu peristiwa bencana dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. TRC mengkoordinir semua data dan informasi dari berbagai sumber yang menangani penganggulangan bencana pada saat itu.

Hasil hasil yang telah dihimpun oleh TRC diserahkan kepada para pengambil keputusan (termasuk Manajer Bencana dan Posko) sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

C. SATGAS LOGISTIK

Satgas Logistik adalah Tim yang dibentuk untuk penugasan dibidang pengumpulan potensi dan sumber sumber bantuan serta pendistribusiannya untuk penanggulangan bencana.

Tugas utama adalah pengelolaan bantuan pada saat pertama bencana terjadi untuk memenuhi kebutuhan para korban bencana berdasarkan kaidah manajemen logistik


D. SATGAS RESCUE

Adalah Satuan tugas dengan keahlian bidang penyelamatan untuk penanggulangan bencana bidang bantuan sosial.




E. SATGAS PELAYANAN SOSIAL KEMANUSIAAN

Adalah Gugus Tugas Khusus untuk urusan khusus sosial kemanusiaan atau humanitarian dengan keahlian seperti : Psiko Sosial, Pelayanan khusus Lansia, Anak Penyandang Cacat dan Tugas kemanusia lainnya terutama pada fase saat dan setelah bencana

0 Response to "LAMBANG KECAKAPAN TAGANA"

Posting Komentar