Longsor Tewaskan 14 Orang di China

text TEXT SIZE :
Share
Fajar Nugraha - Okezone
Ilustrasi: Istimewa

XINJIANG - Insiden longsor melanda sebuah wilayah yang ditutupi oleh salju di China. Bencana ini menyebabkan 14 orang tewas di wilayah Xinjiang, menjadikan korban tewas akibat cuaca dingin di China menjadi 27 orang.

Longsor tesebut terjadi di perfektur Yili yang terletak di perbatasan dengan Kazakhstan. Wilayah ini dihuni oleh sebagian warga dari etnis Kazakh.

Sebelumnya 13 orang juga dilaporkan tewas akibat badai salju yang melanda wilayah Xinjiang. 12 dari korban tewas tersebut diketahui tewas akibat longsor. Sementara badai salju yang melanda Xinjiang dianggap sebagai yang terburuk dalam kurun waktu enam dekade terakhir. Demikian diberitakan AFP, Rabu (27/1/2010).

Beberapa bulan terakhir China dilanda cuaca buruk yang mencapai klimaksnya pada 1 Januari lalu. Tebalnya salju yang turun menutupi wilayah China dibagian utara dan barat. Namun wilayah Xinjiang dinilai sebagai wilayah terparah, akibat dipengaruhi rangkaian badai salju Siberia.

Akibat cuaca buruk ini, ribuan orang terpaksa kehilangan tempat tinggal mereka akibat tebalnya salju membuat rumah mereka rubuh. Sementara hewan-hewan yang biasa menjadi sumber makanan warga juga tewas akibat kelaparan, karena ladang rumput yang biasa menjadi sumber makanan hewan tertutup oleh tebalnya lapisan salju.

0 Response to "Longsor Tewaskan 14 Orang di China"

Posting Komentar